ASN Rentan Mengidap PTM

ASN Rentan Mengidap PTM
PEMERIKSAAN : Kegiatan pemeriksaan kesehatan PTM untuk kalangan ASN di Kantor Gubernur Kaltara, Senin (14/10).

TANJUNG SELOR – Dalam rangka memantau faktor resiko penyakit tidak menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kaltara.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Agust Suwandy mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada 40 instansi di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. Kemarin (14/10), kegiatan digelar di Kantor Gubernur Kaltara. “Ini menjadi kegiatan hari terakhir dari rangkaian pemeriksaan kesehatan selama lima minggu terakhir di 40 instansi Pemprov Kaltara,” jelasnya.

Lebih jauh, berdasarkan riset dasar kesehatan (Riskesdes) 2018, penyakit tidak menular (PTM) di Kaltara termasuk dalam kategori tinggi. Untuk itu, upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin. Kaltara masuk dalam 10 besar penyakit tidak menular di Indonesia,” sebutnya.

ASN di Kaltara termasuk dalam golongan penyumbang tertinggi untuk penyakit tidak menular. “Ini disinyalir karena tidak sempat berolahraga, faktor makanan, merokok, dan stress dari pekerjaan,” ujarnya.

Pada kegiatan, dilakukan sejumlah kegiatan pemeriksaan. Selanjutnya, data-data yang telah terkumpul akan diolah untuk diberikan feedback kepada instansi masing-masing. “Masing-masing instansi agar menjadi perhatian dan ada tindak lanjut dari pimpinan atas feedback dari kami, karena ini juga berhubungan dengan kinerja pegawai,” tutupnya.(humas)