Badan Kesbangpol Kaltara Raih Penghargaan dari Kemendagri

Badan Kesbangpol Kaltara Raih Penghargaan dari Kemendagri
PENGHARGAAN : Kepala Badan Kesbangpol Kaltara, Basiran saat menerima piagam penghargaan dari Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, Rabu (16/10).

TANJUNG SELOR – Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tak terlepas dari peranan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. Atas keberhasilan itu, provinsi termuda di Indonesia ini diganjar penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan tersebut diterima kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Kaltara, Basiran dari Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar dengan didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan Plt Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Prof Hariyono, Rabu (16/10) di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlyn Park Hotel, Jakarta.

Diungkapkan Basiran, penghargaan ini sedianya akan terus memacu Pemprov Kaltara, khususnya Badan Kesbangpol untuk lebih siap lagi dalam pelaksanaan kegiatan pemilu serentak selanjutnya. “Tak lama lagi, Kaltara akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2020. Belajar dari pengalaman sebelumnya, semoga Pemilukada 2020 tersebut dapat berlangsung aman, tertib dan sesuai dengan tahapan-tahapannya,” jelasnya.

Kesuksesan penyelenggaraan pemilu serentak juga menjadi salah satu bentuk nyata akan eksistensi Kaltara yang selalu tegak lurus pada NKRI. “Penghargaan untuk Badan Kesbangpol Kaltara sendiri, tidak terlepas dari peranannya sebagai OPD bekerjasama dengan pihak TNI/Polri dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pilkada, yang sejak awal sudah melakukan sosialisasi sampai ke perbatasan,” paparnya.

Sebagai informasi, adapun perwakilan Badan Kesbangpol yang mendapatkan penghargaan untuk perwakilan pemerintah provinsi, meliputi Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Kaltara. Lalu, untuk perwakilan pemerintah kabupaten/kota, yaitu Badan Kesbangpol Kabupaten Kaur, Kota Pematang Siantar, dan Kota Tegal.(humas)