Gubernur Imbau Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban

Gubernur Imbau Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban

Infotjscom - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengeluarkan beberapa imbauan, terkait meningkatnya aktivitas masyarakat menjelang malam pergantian tahun nanti. Terutama kepada bupati/walikota se Kaltara, diminta untuk membuat surat edaran yang ditujukan kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait di wilayahnya masing-masing.

Beberapa poin imbauan yang disampaikan Gubernur, utamanya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di Kaltara. “Saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu berlebihan, dalam merayakan malam pergantian tahun nanti. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu ketertiban dan keamanan wilayah kita,” ujar Irianto.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Gubernur meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan pesta kembang api atau petasan yang bisa mengganggu dan membahayakan orang lain. Warga juga diminta untuk tidak meniup terompet di jalan-jalan yang dikhawatirkan mengganggu ketertiban.

Kepada masyarakat, lanjut Irianto, dilarang berkonvoi dengan kendaraan bermotor. Kemudian untuk pemilik tempat hiburan malam dilarang mengadakan kegiatan secara terbuka. “Kepada para tokoh masyarakat, alim ulama, pendeta, tokoh agama, pemuka adat dan tokoh-tokoh lainnya agar memberikan pemahaman masyarakatnya. Utamanya kepada anak-anak muda agar mentaati larangan-larangan ini,” jelas Gubernur.

Untuk memperkuat imbauan ini, Gubernur meminta kepada bupati/walikota untuk mengeluarkan surat edaran yang poinnya menyesuaikan dengan imbauan yang disampaikan olehnya. “Kepada seluruh masyarakat, kita imbau melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya, dengan berdoa di tempat ibadah,” kata Gubernur.

Lebih jauh Irianto mengatakan, sesuai dengan edaran Menteri Perhubungan RI, pihaknya telah mengkoordinasikan dengan instansi-instansi terkaitnya. Dan sesuai laporan, sejak menjelang Natal hingga kini transportasi di wilayah Kaltara masih aman dan berjalan sesuai yang diharapkan. “Kita selalu berkoordinasi dengan pihak terkait. Untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan Polda. Begitu pun dalam hal transportasi, melalui Dinas Perhubungan juga telah melakukan pengawasan bersama pihak terkaitnya. Saya berharap semua bisa saling sinergi untuk sama-sama menjaga Kaltara tetap aman, tertib dan kondusif,” papar Gubernur.

“Melalui kesempatan ini, saya ucapkan selamat Natal kepada masyarakat yang merayakan, dan selamat menyongsong Tahun Baru 2019. Mari kita sambut tahun yang baru dengan bermuhasabah, introspeksi diri dan bersyukur dengan memperbanyak ibadah serta berdo’a. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua,” timpal Irianto.(humas)