Gubernur : Membaca, Sumber Ilmu Pengetahuan

Gubernur : Membaca, Sumber Ilmu Pengetahuan
LOMBA BERCERITA : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie berfoto bersama peserta lomba bercerita dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltara, Selasa (13/8).

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mendorong dan mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran baru dalam mendidik anak agar memiliki karakter dan berbudi pekerti luhur. Salah satunya, melalui budaya membaca dan bercerita dengan metode ilmiah dan terstruktur. Ini disampaikan Gubernur saat membuka Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Tahun 2019 di ruang pertemuan Gedung Gabungan Dinas (GADIS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Selasa (13/8).

Menurut Gubernur, anak masa kini harus dididik untuk memiliki karakter kuat dan tidak mengejar prestasi secara berlebihan. “Membaca, sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca kita mengetahui kehidupan masyarakat di belahan dunia yang berbeda. Sukses itu dimulai dari kemampuan membaca dan menulis,” tutur Irianto.

Hal ini sejalan dengan upaya Pemprov Kaltara membangun budaya literasi. “Membaca itu faktor penting untuk membangun dan memahami berbagai pemahaman yang kompleks di sekitar kehidupan saat ini,” jelas Irianto.

Selain membaca, Gubernur juga mengimbau agar orangtua dapat membudayakan bercerita kepada anak. “Di negara maju, orangtua selalu bercerita kepada anaknya sebelumnya tidur. Dampaknya, anak-anak tersebut dapat segera mandiri, dan jauh lebih dewasa dalam berpikir maupun bertindak,” urai Gubernur.

Dalam mendukung arahan tersebut, Gubernur bercita-cita membangun gedung perpustakaan yang modern di Kaltara. “Perpustakaan tersebut, nantinya tak sekedar menjadi tempat membaca bagi semua umur. Tapi juga menjadi tempat untuk bersantai bagi pengunjungnya,” tutupnya.(humas)