Gubernur Tinjau Gedung Garasi Speedboat Pemprov Kaltara

Gubernur Tinjau Gedung Garasi Speedboat Pemprov Kaltara
TINJAUAN : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau tempat penambatan speedboat Pemprov Kaltara, Kamis (18/4) sore.

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah membangun Gedung Garasi Speedbot Pemprov Kaltara di Tanjung Buyu, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kamis (18/4) sore. Gedung ini berfungsi sebagai tempat penambatan setiap speedboat milik Pemprov Kaltara. “Yang saya lihat, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi agar fasilitas ini bermanfaat maksimal. Yakni, lebar pintu masuk ke dermaga tambat yang perlu ditambah hingga 1 meter. Ini, lantaran ada sejumlah speedboat Pemprov Kaltara yang berukuran besar. Seperti Kaltara 1 dan Kaltara 2 yang menjadi kendaraan operasional bagi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara,” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie di sela peninjauan Gedung Garasi Speedboat Pemprov Kaltara, Kamis (18/4) sore.

Gubernur juga berharap, keberadaan fasilitas yang tepat berada di di bibir Sungai Kayan ini, dapat menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat dan Pemprov Kaltara. Seperti, untuk memancing, permainan air, dan lainnya. Dari itu, fasilitas ini perlu dilengkapi dengan taman yang rindang, sejuk dan nyaman.Agar lebih termanfaatkan, saya akan menerbitkan surat edaran kepada seluruh OPD, utamanya yang memiliki kendaraan operasional speedboat untuk menambatkannya di Gedung Garasi Speedboat Pemprov Kaltara itu,” jelas Irianto.

Sebagai informasi, fasilitas ini dibangun dengan dana APBD Pemprov Kaltara sejak 2015 hingga 2016. Dengan masing-masing, teranggarkan Rp 7 miliar. Atau total anggaran pembangunan infrastruktur penunjang perhubungan ini, sebesar Rp 14 miliar.

Secara eksplisit, fasilitas ini telah dioperasikan untuk penambatan speedboat milik Pemprov Kaltara. Selain itu, gedung ini juga memiliki ruangan untuk reparasi mesin speedboat yang mengalami kerusakan. Melengkapinya, Pemprov Kaltara melalui Dishub juga menyediakan tenaga mekanik. Keberadaan fasilitas ini juga bertujuan untuk mengamankan aset Pemprov Kaltara utamanya speedboat, sehingga lebih terawat dan terjaga.(humas)