HUT Kaltara Tahun Ini Digelar Sederhana

HUT Kaltara Tahun Ini Digelar Sederhana
RAPAT STAF : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat memimpin rapat staf, Kamis (18/4).

TANJUNG SELOR – Didampingi Sekretaris Provinsi (Sekprov) H Suriansyah, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie memimpin Rapat Staf bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Biro di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Kamis (18/4). Selain membahas agenda Pemprov dalam beberapa hari ke depan, pada rapat tersebut juga mengevaluasi sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Salah satu agenda yang akan menjadi bahasan dalam pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Rapat Lantai I Kantor Gubernur itu, adalah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kaltara yang ke-6 pada 22 April pekan depan. Tahun ini, kata Irianto, peringatan HUT Kaltara digelar secara sederhana. Hanya upacara pada 22 April nanti di Lapangan Agatish Tanjung Selor.

“Meski peringatan HUT tahun ini kita gelar dengan sederhana, saya harapkan kepada OPD bekerjasama dengan mitra-mitra kerjanya, bisa mengadakan kegiatan. Utamanya kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti misalnya, Dinas Kesehatan melaksanakan pengobatan gratis, juga dinas atau OPD lainnya. Silakan berkreasi, yang terpenting lagi, kegiatan ini memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Agenda lainnya yang akan dilaksanakan, di antaranya Musyawarah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltara pada Sabtu (20/4) besok. Kemudian musyawarah wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) pada Minggu (21/04), serta beberapa kegiatan lainnya.

Selain membahas beberapa agenda ke depan, dalam pertemuan itu juga dibicarakan soal persiapan menjelang penilaian dari Tim Ombudsman. Gubernur minta kepada OPD-OPD terkaitnya untuk mempersiapkan.

“Kemudian soal evaluasi hasil pemeriksaan BPK RI, saya minta ini menjadi perhatian bagi kita semua. Utamanya bagi biro maupun OPD yang ada didapati temuan materiil ataupun administrasi. Saya perintahkan untuk ditindaklanjuti secepatnya. Komunikasikan dengan baik bersama pihak BPK, maupun dengan inspektorat,” kata Gubernur.

Selanjutnya berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019, Irianto mengatakan, secara umum hingga hari H pelaksanaan pemungutan suara kemarin, semua berjalan lancar, aman dan damai. “Kepada semua OPD terkait, saya minta untuk terus melakukan monitoring pelaksanaan Pemilu ini hingga tuntas. Laporkan secara continue,” ujarnya.

Terakhir dibahas mengenai realisasi kegiatan 2019. Sesuai laporan yang disampaikan, Gubernur mengatakan, serapan fisik kegiatan 2019, per 31 Maret progresnya sekitar 12,3 persen. Sementara realisasi keuangannya, 7,5 persen. “Meski masih minim, progress ini cukup bagus. Meningkat dibandingkan pada progress periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, saya minta ini tetap perlu mendapatkan perhatian dari semua OPD dan Biro. Selalu berkoordinasi, komunikasi dan semakin meningkatkan kinerjanya,” imbuh Irianto.(humas)