Kaltara Dapat 6 Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat

Kaltara Dapat 6 Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat
TENAGA KESEHATAN : Kepala Dinkes Provinsi Kaltara Usman berfoto bersama Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat (NS) di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Kamis (1/8).

TANJUNG SELOR – Guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, terutama kepada masyarakat di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali mendistribusikan tenaga kesehatan di wilayah DTPK se-Indonesia. “Alhamdulillah, tahun ini Kaltara mendapatkan 6 tenaga kesehatan Penugasan Khusus Nusantara Sehat (NS), yang akan menempati lokus puskesmas di 2 wilayah DTPK. Yakni di Kabupten Malinau dan Nunukan,” kata kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman, saat menerima keenam tenaga kesehatan nusantara sehat, Kamis (1/8) lalu.

Dikatakan usman, keenam tenaga kesehatan tersebut terdiri dari, 1 dokter umum yang ditempatkan di Long Berang, 3 ahli gizi (Data Dian, Long Ampung dan Sungai Boh), 1 ahli teknologi laboratorium medik (Long Pujungan), dan 1 tenaga kesehatan lingkungan (Desa Binter).

Program yang dicanangkan oleh Kemenkes RI sejak 2017 ini, telah merekrut sebanyak 4.342 tenaga kesehatan di 1.302 lokus puskesmas pada 228 kabupaten/kota di 30 provinsi se-Indonesia. “Tercatat, hingga 2017 sebanyak 34 tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, apoter dan tenaga kesehatan lainnya telah diperbantukan di Kaltara,” ucap Usman.

Guna diketahui, program ini memiliki tujuan bersama baik pusat maupun pemerintah daerah dalam mengamankan kesehatan masyarakat di daerah DTPK sesuai dengan Nawa Cita dapat terwujud.(humas)