Pemimpin Harus Miliki 4 Sifat Utama

Pemimpin Harus Miliki 4 Sifat Utama
NARASUMBER: Bunda PAUD Kaltara Hj Rita Ratina Irianto Lambrie (tengah) saat menjadi narasumber pada Rakerda IGTKI-PGRI, kemarin (20/2). (Foto © Humas Prov Kaltara)

TANJUNG SELORBunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hj Rita Ratina Irianto Lambrie mengatakan, pemimpin itu harus memiliki 4 sifat, yakni jujur, dapat dipercaya, cerdas, dan menyampaikan yang baik.

 

Itu disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kaltara, serta workshop dan sosialisasi kepemimpinan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan PKB bagi PTK PAUD formal di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kaltara, kemarin (20/2).

 

Dikatakan Hj Rita, guru juga bertindak sebagai pemimpin dan pembimbing di dalam kelas. Untuk itu, profesi guru merupakan sebuah amanah. Bahkan, guru berperan penting sebagai sosok pencerah, pembuka pikir dan jiwa, pengawal peradaban, pemupuk nilai-nilai luhur bangsa dan penyatu dalam keberagaman.

 

Sebagaimana kita ketahui bersama pendidikan karakter dan pembiasaan perilaku sejak dini merupakan kunci dari kesuksesan seseorang di masa mendatang,” ujar Hj Rita.

 

Pada kegiatan bertema “membangkitkan etos kerja guru dalam kepemimpinan dan kesadaran kolektif IGTKI dalam meningkatkan mutu pendidikan”, itu Hj Rita menyebutkan bahwa tenaga pendidik merupakan pekerjaan yang mulia, namun memang memiliki banyak kendala, terutama dalam fasilitas pendidikan.

 

“Tapi, saya yakin Pemprov Kaltara dengan kemampuan yang terbatas tetap mengupayakan hal terbaik untuk membantu,” ungkap Hj Rita. (humas)