Penikmat Durian? Ini Manfaat Durian Yang Harus Kamu Ketahui

Penikmat Durian? Ini Manfaat Durian Yang Harus Kamu Ketahui
(Foto © Istimewa)

Infotjscon - Durian merupakan buah fenomenal yang sering mendapat gelar sebagai raja buah ini sangat popular untuk wilayah Negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei dan Filiphina. Durian juga menjadi buah yang dianggap cukup kontroversial karena memiliki aroma khas yang sangat kuat, selain itu teksturnya yang lunak membuat tidak sedikit wisatawan luar negeri merasa jijik. 

John Staughton seorang penulis sarjana Biologi lulusan Univrsity of Illinois di Champaign, Urbana (AS) menyebutkan dari 30 spesies, 9 spesies durian diantaranya bisa digunakan menjadi bahan makanan atau dikonsumsi langsung, dan hanya satu yang banyak ditemukan secara international atau yang sering masyarakat Indonesia konsumsi sendiri yaitu spesies khusus dengan sebutan Durio zibethinus.

Menurut USDA National Nutrient Database durian memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan. Durian mengandung vitamin C, asam folat, tiamin, riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Selain itu mineral penting seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan fosfor juga ditemukan dalam durian. Buah ini juga mengandung air dan nutrisi seperti fitonutrien, protein, dan lemak makanan yang bermanfaat.

Beberapa manfaat durian yang wajib kamu ketahui:

1. Membantu sistem pencernaan

Dr. Nurul Arneida Husin dari Asian Institute of Medical, Science, and Technology, Malaysia menjelaskan buah durian dapat membantu proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Kandungan serat yang tinggi merangsang peningkatan jumlah gerak usus dalam memproses makanan yang masuk, hal ini sangat bermanfaat dalam mengurangi masalah sembelit, perut kembung, kram, mulas, sampai pada kanker kolorektal atau kanker usus.

2. Melawan Insomnia

Dalam sebuah studi penelitian dalam jurnal peer-review Medicine menemukan bahwa kandungan triptofan pada buah durian dapat membantu dalam mengurangi masalah gangguan tidur. Tritofan sendiri merupakan bahan kimia organik yang dapat ditemukan pada makanan yang mengandung protein dan secara khusus dapat digunakan untuk pembentukan hormon serotonin dan melatonin .

Kedua hormon ini merangsang bagian otak yang dapat mengendalikan perasaan cemas, bahagia, kognisi sampai pada siklus tidur. Namun kelebihan serotonin dan melatonin mengakibatkan tubuh melepaskannya ke dalam aliran darah, hingga membuatnya merasa merasa lelah dan akhirnya pingsan.

3. Mencegah kanker

Durian memiliki banyak vitamin, nutrisi dan senyawa organik yang berfungsi sebagai antioksidan. Radikal bebas yang berperan dalam pembentukan sel kanker dapat menghancurkan DNA dan sel normal. Dalam masalah ini, antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek bruuk radikal bebas.

4. Mengatasi anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah merah atau Hemoglobin (Hb). Banyak kandungan mineral yang terdapat dalam buah durian, salah satunya adalah zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Saat kondisi sel darah merah dalam tubuh membaik, maka tidak hanya anemia yang teratasi, namun beberapa masalah lain seperti migraine, gangguan pencernaan, kelelahan, dan kerusakan fungsi kognitif juga berangsur berkurang.

5. Mencegah penurunan kognitif

Beberapa komponen durian, seperti potasium, folat, dan berbagai antioksidan diketahui memberikan manfaat terhadap system persyarafan. Folat telah dikenal untuk mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif. Kalium berperan untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mampu meningkatkan kognisi, konsentrasi, dan aktivitas saraf.

Dengan banyaknya manfaat serta kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah durian, bukan berarti penikmat raja buah ini dapat mengkonsumsinya dengan bebas. Tidak dianjurkan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah banyak, mengingat kandungan kalium, alkohol dan beberapa zat lainnya yang jika berlebihan dapat membuat efek negatif hingga kematian pada tubuh.