Sekprov Tekankan OPD Jaga Kebersihan

Sekprov Tekankan OPD Jaga Kebersihan
PENGARAHAN: Sekprov Kaltara H Suriansyah memimpin apel pagi di Lapangan Agatish Tanjung Selor, Senin (11/3). (Foto © Humas Prov Kaltara)

TANJUNG SELOR - Menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie terkait program Kaltara Bersih, Sekretaris Provinsi (Sekprov) H Suriansyah menegaskan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltara untuk memperhatikan kebersihan di lingkungan kantor masing-masing.

“Sesuai arahan Pak Gubernur, program Kaltara Bersih kita mulai di lingkungan kantor OPD masing-masing. Untuk itu, saya minta ini ditindaklanjuti. Kepada kepala OPD harus menjadi motor dalam gerakan Kaltara Bersih ini,” kata Suriansyah saat memimpin apel pagi di Lapangan Agatish Tanjung Selor, Senin (11/3).

Gerakan Kaltara Bersih, lanjutnya, juga dilakukan dengan menjaga kebersihan kantor. Termasuk menyediakan tempat bagi para perokok. “Untuk para ahli isap (sebutan untuk perokok), kita tidak melarang, karena itu merupakan haknya. Tapi kita juga minta agar menghargai hak orang lain yang tidak merokok. Karena itu, seyogianya setiap kantor menyediakan tempat khusus bagi perokok. Sehingga yang tidak merokok tidak terganggu. Selain itu, kebersihan juga tetap terjaga,” ujarnya.

Di samping terkait kebersihan, Suriansyah juga menekankan kedisiplinan para pegawai. Baik soal kedisplinan waktu maupun hal-hal lainnya. “Seperti contoh disiplin mengikuti apel. Jangan sampai peserta harus diteriaki untuk ikut ke barisan. Kalau sudah waktunya, ya harus tertib. Tidak perlu lagi diperintah-perintah,” kata Sekprov.

Hal lainnya, juga disampaikan mengenai proses audit oleh BPK RI yang sudah hampir selesai. Sebelumnya, pada saat apel dua pekan lalu, Gubernur menekankan sebagai implementasi dari Gerakan Indonesia Bersih, di Kaltara juga ada Gerakan Kaltara Bersih. Dipastikan Irianto gerakan itu akan berjalan massif, yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan aparat lain. Untuk ASN, diminta mempelopori di masyarakat sekitarnya melakukan gotong royong membersihkan wilayah masing-masing. Pemprov juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota sehingga gerakan Kaltara Bersih dapat dilakukan secara kontinu, menyeluruh dan serius. (humas)