Tingkatkan Minat Baca Lewat iKALTARA

Tingkatkan Minat Baca Lewat iKALTARA
MINAT BACA : Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara, Hermawan berfoto bersama peserta sosialisasi minat baca melalui iKALTARA, Senin (14/10).

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus berusaha menumbuhkan minat baca masyarakatnya. Ini menjadi salah satu upaya Pemprov Kaltara dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Demikian disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara Hermawan, saat membuka Sosialisasi Minat Baca Melalui iKALTARA Tahun 2019, di Ballroom Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Senin (14/10) pagi.

Lebih jauh, upaya diatas juga merupakan implementasi dari Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007, tentang Perpustakaan. “Seiring dengan perkembangan zaman, peran perpustakaan juga harus bisa berkembang, berinovasi, dan beradaptasi dengan perubahan. Untuk itu diluncurkan aplikasi iKALTARA, perpustakaan elektronik milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara pada 2017. Terwujudnya aplikasi ini adalah salah satu upaya Pemprov untuk lebih mendekatkan akses bacaan bagi masyarakat,” papar Hermawan.

iKALTARA diklaim Hermawan, lebih praktis sebagai sarana teknologi informasi yang menyediakan beragam jenis bacaan untuk masyarakat. “iKALTARA sudah memiliki ribuan judul buku, dan akan terus ditambah. Jadi, silakan masyarakat memanfaatkan fasilitas ini,” tutupnya.(humas)